Home

Tentang Magister Ekonomi Pertanian FPUB

Program Studi Magister Ekonomi Pertanian (PSMEP) telah lama berkiprah sejak berdirinya pada tahun 1993. Kegiatan utamanya adalah dalam penyelenggaaan akademik terkait ekonomi pertanian. Kiprah ini selanjutnya dilakukan tidak hanya dalam aspek akademik tetapi juga melingkupi pelaksanaan Tri Dhama Perguruan Tinggi, yaitu dalam bidang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Peran penting PSMEP terus dijalankan dalam menyebarkan SDM yang memiliki kompetensi di bidangnya dan menyediakan SDM yang professional dengan daya nalar, daya kreasi, dan daya komunikasi/koordinasi yang baik sehingga mampu menumbuhkan budaya organisasi yang professional dan maju.

Pengembangan PSMEP dilakukan secara internal maupun eksternal. Pengembangan secara internal meliputi pengembangan tata kelola program studi dan juga perbaikan secara berkesinambungan proses pembelajaran. Blended pembelajaran dalam sisi instrumen digunakan, yaitu tatap muka dan pemanfaatan teknologi pembelajaran, fasilitasi ruang belajar yang nyaman dan suasana akademik yang terus meningkat. Blended pembelajaran dalam arti substansi, yaitu peningkatan aspek kognitif teori dan kosep-konsep yang dikembangkan para ahli dengan hasil-hasil penelitian dan sumber-sumber belajar lainnya untuk pengayaan dan memperdalam wawasan mahasiswa dalam pembelajaran.

Interaksi ilmiah yang inensif diharapkan tidak hanya membawa dampak pada penguatan kognitif mahasiswa, tetapi juga aspek afektif dan psikomotoriknya. Degan demikian, mahasiswa memiliki perangkat yang baik menjadi seorang yang profesional memiliki value-value yang baik dalam interaksi sosial, bermoral, dan memiliki etika profesional yang terinternalsasi dalam dirinya.

Terkait pula dengan learning outcome pendidikan tinggi yang disyaratkan yaitu berkaitan dengan sikap, pengetahuan dan ketrampilan baik umum dan khusus, PSMEP secara periodik melakukan assessment terkait dengan pencapaian learning outcome pembelajaran dan juga learning outcome program studi untuk mahasiswa-mahasiswa tugas akhir dan alumni.

Upaya terus meningkatkan uniqeness and quality PSMEP dilakukan dengan menerima masukan atau feedback baik dalam pengelolaan, pembelajaran, fasilitas infrastruktur dan pelayanan, dan juga aktifitas terkait dengan program studi lainnya. Feedback ini berasal dari staf akademik, dosen, mahasiswa, alumni dan juga stakeholder. Analisis dan evaluasi feedback ini juga menjadi instrumen untuk pencapaian visi, misi, tujuan progra studi dan juga pencapaian learning outcome yang ditetapkan.