Program Magister Sosiologi

PROGRAM MAGISTER SOSIOLOGI (PMSOS)

Visi

Pada tahun  2025 menjadi program magister yang unggul di bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan sosial, serta ikut berperan aktif dalam memecahkan  berbagai  masalah  perubahan sosial, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan program Magister Sosiologi yang berbasis teoritik dan empirik.

  2. Mengembangkan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sosial yang bersifat teoritik, empirik, kontekstual, holistik dan tanggap terhadap tuntutan pembangunan

  3. Merumuskan berbagai alternatif pendekatan sosiologis dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Tujuan

  1. Menghasilkan Magister Sosiologi yang memiliki kemampuan untuk :

  2. Memahami fenomena sosial yang terkait dengan permasalahan perubahan sosial dan pembangunan di masyarakat.

  3. Merumuskan berbagai alternatif pendekatan teoritik dan empirik dalam menganalisis perubahan sosial dan pembangunan masyarakat.

  4. Mengembangkan kompetensi profesionalnya dalam suatu organisasi profesi.

  5. Menempuh pendidikan lanjutan jenjang S3 (Program Doktor).

  6. Menghasilkan publikasi ilmiah dari hasil-hasil penelitian tesis yang berkualitas dan memiliki kompetensi dalam aspek akademik (teoritik) dan kebijakan pembangunan.

Kompetensi

Lulusan mempunyai kompetensi dan kemampuan untuk :

  1. Menganalisis dan merumuskan kebijakan-kebijakan di bidang sosial kemasyara- katan.

  2. Merencanakan model pemberdayaan masyarakat dan pembangunan pertanian.

  3. Menganalisis hasil-hasil pembangunan manusia khususnya melalui  pendidikan non formal.

Struktur Kurikulum

Mata kuliah wajib program

15 sks

Mata kuliah wajib minat

9 sks

Mata kuliah pilihan

4 – 18 sks

Tesis

12 sks

Jumlah

40 – 54 sks

Susunan Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Program Studi Sosiologi

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTE81119

Teori Sosiologi

3

I

2

PTE81120

Struktur dan Organisasi Sosial

3

I

3

PTE81121

Teori Komunikasi untuk Penyuluhan Pembangunan

3

I

4

PTE81122

Analisis Statistika Sosial

3

I

5

PTE81123

Metode Penelitian Sosial

3

II

6

UBU8006

Tesis

12

III/IV

Mata Kuliah Wajib Minat Sosiologi Pedesaan

1

PTE81124

Perubahan Sosial

3

I

2

PTE82125

Sosiologi Pedesaan

3

II

3

PTE82126

Ekologi Pedesaan

3

II

Mata Kuliah Wajib Minat Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Pertanian

1

PTE81130

Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan

3

I

2

PTE82131

Pemberdayaan dan Pembangunan

3

II

3

PTE82132

Pendidikan Orang Dewasa

3

II

Mata Kuliah Pilihan

1

PTE81237

Reformasi Agraria

2

I

2

PTE81238

Prinsip-prinsip Penyuluhan Pembangunan Pertanian

2

I

3

PTE81239

Kebijakan Pembangunan Pedesaan

3

I

4

PTE82250

Isu-isu Gender dan Pembangunan

2

I

5

PTE82242

Ilmu Kependudukan

3

II

6

PTE82243

Sosiologi Gender

2

II

7

PTE82244

Studi Komparasi Penyuluhan

2

II

8

PTE82247

Metode dan Media Komunikasi

3

II

9

PTE82248

Pembangunan Berkelanjutan

3

II

10

PTE82249

Strategi Komunikasi Pembangunan

2

II

11

PTE82251

Kolokium

1

II

SILABUS MATA KULIAH

Mata Kuliah Wajib Program Studi

PTE81119. TEORI SOSIOLOGI (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan analisis teoritis terhadap kasus-kasus fenomena sosial di masyarakat. Pokok bahasan meliputi: Teori sosiologi yang relevan untuk mengkaji fenomenasosial di masyarakat,  antara lain: Teori Interak-sionisme Simbolik, Etnometodologi,Fenomenologi, Fungsionalisme Struktural dan Konflik. Teori struktur fungsional.   Teoristruktur lanjutan. Teori-teori  konflik  pendahuluan. Teori-teori konflik lanjutan. Conflict functionalism (kasus). Sosiologi makro dan mikro.Teori interaksionalismesimbolik. Fenomenologi.  Etnometodologi.  The  micro  social  order,  autonomy  among  socialtheory.   Sistematis and social theory, micro sociology and power. Duality of structure.Implementasi garis besar teori tersebut dalam mengkaji kasus-kasus fenomena sosial dimasyarakat.

Dosen: Prof. Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS.

Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi, MS.

PTE81120. STRUKTUR DAN ORGANISASI SOSIAL(3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu melakukan analisis teoritis terhadap masalah-masalah birokrasi dalam praktek sosial. Pokok  bahasan  meliputi:  Konsep  dasar  perilaku organisasi,  analisis  anatomi organisasi, Asas-asas organisasi, Elemen-elemen organisasi, struktur dan proses-proses  dalam organisasi sosial. Organisasi sosial. Konsep nilai, sikap dan motivasi individudalam kelompok dan organisasi sosial, serta teori-teori tentang motivasi individu dalam suatu  organisisasi  sosial. Refisiensi  organisasi  Konsep  birokrasi (Max  Weber), keunggulan dan kelemahannya, Iklim organisasi, Motivasi dan birokrasi, serta masalah birokrasi dalam praktek sosial. Pendekatan sistem organisasi; Kepemimpinan organisasi; Sifat-sifat kepemimpinan organisasi sosial; Kekuasaan dan wewenang.

Dosen:             Prof. Dr.Ir. Keppi Sukesi, MS.

Prof. Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS.

Dr. Asihing Kustanti, S.Hut, M.Si

PTE81121. TEORI-TEORI KOMUNIKASI UNTUK PENYULUHAN PEMBANGUNAN   (3 sks)

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu untuk memahami, membedakan, dan mengaplikasikan teori/model komunikasi tertentu dan pembelajaran sosial untuk pembangunan/perubahan sosial. Model-model komunikasi pembangunan.Beberapa perspektif  komunikasi: perspektif mekanistik, perspektif psikologis, perspektif interaksionis, perspektif pragmatis. Contoh-contoh aplikasi teori/model komunikasi untuk penelitian penyuluhan pembangunan.

Dosen:        Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD.

Reza Safitri, SSos, Msi, PhD.

PTE81122. ANALISIS STATISTIKA SOSIAL (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menyusun suatu konsep analisis statistika yang akan digunakan dalam penelitian sosial tertentu. Pokok bahasan meliputi:   Pendahuluan, Konsep dasar statistik; Kaidah pengambilan keputusan dalam uji statistika, hipotesis nol dan alternatif. Kesesuaianskala pengukuran variabel dalam uji statistik  parametrik dan non-parametrik. Pendugaan berbagai variabel sosial dengan pengenalan   metode   kemungkinan maksimum, teknik estimasi melalui pendugaan titik dan selang, analisis ragam-peragam. Analisis parametrik difokuskan pada uji-uji Korelasi, dan Regresi (baik linier sederhana maupunberganda). Analisis non-parametrik antara lain: Uji beda, Uji Tanda, Mann-Whitney, Jumlah  Pangkat  Bertanda  Wilcoxon,  Jumlah  Pangkat  Wilcoxon,  Kruskal-Wallis, Koefisien  kontingensi, Khi Kuadrat, Korelasi Rank Spearman dan Rank  Kendall.Pengenalan Sidik lintas (path analysis) dan teknik sampling dalam penelitian sosial. Analisis data kualitatif; Validitas dan Reliabilitas dalam penelitian kualitatif.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, MS.

PTE81124. PERUBAHAN SOSIAL (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis problematik kasus-kasus perubahan sosial dan pembangunan di Indonesia. Pokok bahasan meliputi: Sejarah dan tahap-tahap perubahan sosial. Hakekat dan sifat-sifat perubahan sosial: Ontologi, epistemologi perubahan sosial. Teori sosiologi vs. fakta  sosial: Pendalaman  analisissumber, proses dan  dampak perubahan sosial. Berbagai pendekatan dan teori perubahan sosial: Evolusi dan Revolusi, Keseimbangan, Konflik,  Rise  and  Fall  Theory. Comte, Spencer dan Durkheim  dalam perspektif perubahan sosial. Review  tentang  perubahan  sosial: Hubungan  perubahan  sosial, modernisasi dan pembangunan. Proses perubahan sosial. Dampak perubahan sosial. Kajian berbagai kasus perubahan sosial dan pembangunan di  Indonesia. Revolusi, reformasi, desentralisasi dan konflik di Indonesia. Pandangan teori sosial modern dalam konteks perubahan sosial.

Dosen:        Prof.Dr. Ir. Kliwon Hidayat, MS.

Mangku Purnomo, SP, MSi, PhD.

PTE81239. KEBIJAKAN PEMBANGUNAN PEDESAAN (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami teori kebijakan pembangunan pedesaan, dan mampu menyusun konsep teoritis untuk menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan pedesaan. Pokok bahasan meliputi: Teori-teori  pembangunan  tentang  pedesaan yang dipadukan dengan pengenalan karakteristik serta permasalahan pembangunan pedesaan di Indonesia. Penyusunan rencana pembangunan pedesaan berwawasan kemandirian yang melibatkan keterpaduan lintas sektoral beserta teknik pendekatannya. Pengenalan potensi desa yang perlu dikembangkan, pemahaman tentang fungsi dan peran lembaga sosial pedesaan serta peran pimpinan informal. Pemahaman tentang peluang kerja dan berusaha, himpitan kemiskinan, serta strategi menggerakkan partisipasi masyarakat.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, MS.

Prof. Dr. Ir. Kliwon Hidayat, MS.

PTE81130. PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menyusun  konsep penyu-luhan dan komunikasi pembangunan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.Pokok  bahasan  meliputi:  Pendahuluan,  definisi,  fungsi, dan ruang lingkup  penyuluhan dan komunikasi  dalam kegiatan pembangunan; pendekatan top-down dan bottom-up; model research and development; difusi inovasi, peran change agent, elemen-elemen difusi inovasi; adopsi inovasi/ model persepsi dan KAP; konsekuensi inovasi, re-invention; kritik model difusi-adopsi inovasi; paradigma partisipatoris, model komunikasi partisipatoris; penerapan komunikasi dalam pembangunan; kelembagaan penyuluhan pertanian, kasus-kasus terkait program-program inovatif penyuluhan pertanian dan pedesaan; manajemen penyuluhan dan komunikasi pembangunan.

Dosen:        Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD.

Reza Safitri, SSos, Msi, PhD.

PTE81237. REFORMASI AGRARIA (2 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan secara komprehensif dampak pembangunan ekonomi terhadap sengketa agraria struktural. Pokok bahasan meliputi: Reformasi agraria era globalisasi yang meliputi Teori, Refleksi  serta  pelaksa-naannya,  memberi  gambaran  tentang  tantangan  yang  dihadapidalam  implementasi  gagasan  Land  Reform  untuk pembaharuan konsep agraria. Hak-hak masyarakat adat dalam Politik Hukum Agraria memberi isyarat tentang pentingnya jaminan terhadap eksistensi hak-hak ulayat dalam pembaharuan arah politik dan Hukum Agraria Nasional.  Pembaharuan Politik Hukum Agraria  Nasional  di  era  globalisasi  merupakan  kajian  yang  memberi  arahan  untuk menghindari  penghancuran  populisme  oleh  dinamika  paradigma  baru pembangunan kapitalisme.

Dosen:        Ir. M.Purnomo MP, Ph.D.

Prof.Dr.Ir.K.Hidayat MS

PTE81238. PRINSIP-PRINSIP PENYULUHAN PEMBANGUNAN PERTANIAN (2 sks)

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu melakukan refleksi dan berpikir kritis mengenai problem dari praktek-praktek penyuluhan eksisting dan mampu menghargai keunikan dari petani sebagai partisipan aktif dari pembangunan. Pemahaman proses-proses inovasi, inovasi komersial dan inovasi lingkungan/berlanjut; kritik terhadap penyuluhan konvensional; rasionalitas petani; pengertian ‘barriers to adoption’; rekonstruksi agri-sain dan pertanian berkelanjutan; pendekatan penyuluhan melalui prinsip demokratis; prinsip keterlibatan petani; prinsip pembelajaran bersama; prinsip self-determinism.

Dosen:        Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD

Prof.Dr. Ir. Sugiyanto, MS.

PTP6115. KELOMPOK, ORGANISASI DAN KEPEMIMPINAN (3 sks)

Penerapan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dinamika kelompok, teori-teori peranan dan  kepemimpinan, ikatan kelompok, tekanan-tekanan kelompok, motivasi pribadi, sasaran-sasaran  kelompok, manajemen organisasi menuju pengorganisasian program penyuluhan yang efektif, dan gerakan voluntir.

Dosen:   Prof.Dr.Ir. Sugiyanto, MS.

Ir.M. Purnomo MP, Ph.D.

PTE82250. ISU-ISU GENDER DAN PEMBANGUNAN  (2sks)

Topik-topik bahasan meliputi: konsep gender, ideologi gender,teori-teori/pendekatan pembangunan, perempuan dan pembangunan: kebijakan-kebijakan, pendekatan pembangunan, metode penelitian berperspektif gender, teknik analisis gender, isu pekerjaan rumah tangga dan peran perempuan, presentasi pekerjaan rumahtangga.

Dosen:    Prof. Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS

Prof.Dr. Ir. Keppi Sukesi, MS

PTE82125. SOSIOLOGI PEDESAAN  (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu menerapkan pendekatan sosiologis dalam perencanaan dan pengelolaan pembangunan masyarakat pedesaan. Pokok bahasan meliputi: Struktur sosial dan pelapisan sosial masyarakat desa, struktur fisik desa, unsur-unsur kebudayaan masyarakat desa, pola kebudayaan, kelembagaan sosial, program dan aktivitas sosial masyarakat desa, kelembagaan sosial desa, organisasi sosial, tipe-tipe umum komunitas desa.

Dosen:        Prof.Dr. Ir. Keppi Sukesi, MS

Prof. Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS.

Dr. Asihing Kustanti, S.Hut, M.Si.

PTE82125. EKOLOGI PEDESAAN (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  mampu  melakukan  analisis terhadap permasalahan kasus-kasus pembangunan pertanian dari sudut pandang ekologi pedesaan. Pokok bahasan meliputi: Ruang lingkup Ekologi Pedesaan.Konsep-konsep dasar dan pendekatan. Konsep ekosistem, adaptasi, seleksi, homeostatis, equilibrium dan steady  state. Pendekatan dalam ekologi manusia untuk komunitas pedesaan: environmental determinisim, environmental possibilism, cultural ecology.Pendekatan dalam ekologi manusia untuk komunitas pedesaan: berbasis aktor, sistem terbuka. Perbedaan dan persamaan antar pendekatan ekologi manusia. Penerapan pendekatan-pendekatan ekologi manusia dalam kasus masalah ekologis di pedesaan. Pendekatan aktor dalam ekologi pedesaan: Mengkritisi kelebihan dan kelemahan serta contoh penerapannya. Diskusi komparasi penerapan ekologi budaya dan pendekatan aktor di pedesaan.

Dosen:        Prof.Dr. Ir. Kliwon Hidayat, MS.

Mangku Purnomo, SP, MSi, PhD.

Dr. Asihing Kustanti, S.Hut, M.Si.

PTE81123. METODE PENELITIAN SOSIAL (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep rencana penelitian sosial dengan menggunakan metode kuantitatif atau kualitatif. Pokok bahasan meliputi:
Penyusunan proposal penelitian, latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan dan kegunaan, hubungan antara latar belakang dengan tinjauan pustaka, membahas tentang kajian pustaka dan kerangka pemikiran, membangun kerangka pemikiran, hipotesis, definisi operasional dan pengukuran variabel ,desain penelitian kuantitatif dalam ilmu sosial ekonomi pertanian, desain penelitian kualitatif, metodologi penelitian, teknik sampling dan pengumpulan data kuantitatif, penentuan sumber data dan teknik pengumpulan data kualitatif, analisis data penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Dosen:        Prof.Dr. Ir. Kliwon Hidayat, MS

Prof.Dr.Ir.Sugiyanto, MS

PTE82131. PEMBERDAYAAN DAN PEMBANGUNAN  (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menyusun  konsep pember-dayaan masyarakat dalam pembangunan pertanian di Indonesia. Pokok  bahasan  meliputi:  Arti  penting  konsep  pemberdayaan  (empowerment) sebagai model alternatif pemba-ngunan masyarakat, perbedaan pembagunan dan pemberdayaan, makna dan peran strategis pemberdayaan dalam transformasi sosial. Gugus-gugus pikiran (teoretik danideologis) yang melandasi munculnya konsep pemberdayaan dalam studi pemba-ngunan, pemberdayaan sebagai proses, pembangunan berbasis pemberdayaan, diskusi pemberdayaan sebagai proses belajar, partisipasi masyarakat dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat, perencanaan dan monev program pemberdayaan masyarakat, studi kasus beberapa bentuk pemberdayaan masyarakat.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Sugiyanto

Prof. Dr. Ir. Yayuk Yuliati MS

PTP6207. PENDIDIKAN ORANG DEWASA (3 sks)

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa mampu memahami perkembangan, konsep-konsep penting, dan menganalisis  perbedaan beberapa teori tentang Pendidikan Orang Dewasa/POD. Pokok-pokok bahasan meliputi: pengertian, ruang lingkupPOD.Pengertian Pedagogy, perspektif behaviorism, Teori S-R. Pedagogi kritis, Andragogy: asumsi pembelajaran menurut Knowles; Heutagogy. Analisis video terkait POD. Penelaahan  berbagai  faktor  terkait  sejarahperkembangan pendidikan orang dewasa, mengapa orang dewasa perlu belajar, belajar sambil bekerja, belajar seumur hidup dan belajar untuk  mencari penghidupan; kelembagaan  dan  program  pelatihan dan pendidikan orang dewasa, pola partisifatif dan pendidikan orang dewasa. Penerapan POD, menyusun materi pelatihan untuk orang dewasa, media pelatihan, penyelenggaraan seminar, simposium dan rapat.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, MS.

Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD.

PTE82242. ILMU KEPENDUDUKAN  (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membahas secara mendalam beberapa kebijakan kependudukan di Indonesia yang sangat menonjol saat ini. Pokok bahasan meliputi: Konsep-konsep dan teori kependudukan. Studi mortalitas dan fertilitas, petrumbuhan penduduk dunia, konsep demografi/kependudukan, sumber data kependudukan, kebijakan kependudukan,angka kematian ibu (AKI), teori migrasi, implementasi teori migrasi, penduduk, kerawanan pangan, dan kewaspadaan pangan (asynkron), penduduk, lahan dan ketersediaan pangan, penduduk dan kemiskinan.

Dosen:       Prof.Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS

Prof.Dr.Ir. Keppi Sukesi, MS

PTPE82243. SOSIOLOGI GENDER  (2 sks)

Pokok-pokok  bahasan  meliputi: pendahuluan, konsep dan teori gender, gender, interaksi, dan proses sosial,di pedesaan, struktur sosial dan gender dalam masyarakat pedesaan, kebudayaan dan gender dalam masyarakat pedesaan, perubahan sosial dan dinamika hubungan gender di pedesaan, gender dan lingkuan kajian Ecofeminism.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Keppi Sukesi, MS.

Prof. Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS.

PTE82244. STUDI KOMPARASI PENYULUHAN  (2 sks)

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa memiliki wawasan, membedakan dan memiliki sikap positif terhadap perkembangan dan keragaman sistem penyuluhan pertanian dalam konteks waktu dan tempat yang berbeda: Overview penyuluhan global/advisory system, komparasi penyuluhan antar waktu (sebelum versus setelah tahun 2000), legalitas kelembagaan-kelembagaan penyuluhan terkini, puralistic extension/advisory system.  Studi komparatif sistem penyuluhan pertanian (perspektif tingkat makro, meso, makro). Studi kasus pemanfaatan inovasi pertanian di Indonesia dan komparasi antar negara.

Dosen:        Prof.Dr. Ir. Sugiyanto, MS.

Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD.

Dr. Ir. Ismadi, MS.

PTE82247. METODE DAN MEDIA KOMUNIKASI  (2sks)

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa mampu menganalisis, mensintesis, dan mengimplementasikan beberapa bentuk komunikasi dan media: komunikasi interpersonal, media massa konvensional, media sosial, dan media hibrida; metode; metode-metode terkait komunikasi advisoris, pertukaran informasi, peningkatan penyadaran, eksplorasi pandangan dan isu-isu pertanian, pemberian informasi, metode untuk pelatihan; dan metode-metode untuk proses inovasi yang interaktif. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu untuk mereview beberapa studi kasus dan mengaplikasikan metode dan media komunikasi tertentu untuk pembangunan pertanian dan pedesaan/perubahan individu atau sosial.

Dosen:        Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD.

Reza Safitri, SSos, MSi, PhD.

PTE82248. PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN  (3sks)

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa memahami dan menghargai tiga aspek kunci dari pembangunan berkelanjutan: aspek ekologis, sosial, dan ekonomi. Topik bahasan meliputi: Pendahuluan: latar belakang lahirnya pembangunan berkelanjutan, pengertian pembangunan berkelanjutan dan ruang lingkup mata kuliah pembangunan berkelanjutan, prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan, tujuan dan indikator pembangunan berkelanjutan, pembangunan berkelanjutan: keadilan dan keberlanjutan lingkungan (dimensi sosial), tata Kelola  dan Peran Serta Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan(dimensi Sosial); Aspek ekologi pembangunan berkelanjutan: layanan lingkungan: global food security, biodiversity conservation and agricultural intensification,payment of environmental services, emisi karbon dan REDDsustainability: Eksternalitas dan valuasi ekonomi; the economics of sustainability, valuasi ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan; Kebijakan pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan: UU pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup (UU No. 32 Tahun 2009) dan pembayaran jasa lingkungan, kebijakan pajak, retribusi lingkungan dan subsidi lingkungan hidup.

Dosen:        Prof.Dr.Ir. Kliwon Hidayat, MS.

Prof. Dr. Ir. Kurniatun Hairiah

Dr. Ir. Suhartini, MP.

PTE82249. STRATEGI KOMUNIKASI PEMBANGUNAN (2 sks)

Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis, mengimplemen-tasikan, atau memfasilitasi proses komunikasi yang visioner untuk pembangunan pertanian dan pedesaan; pengambilan keputusan, perancangan inovasi,dan intervensi media untuk melakukan perubahan perilaku individu dan komunitas; mampu membedakan beberapa strategi intervensi komunikatif (studi kasus), memahami proses dan desain inovasi pembangunan; proses pembelajaran individu dan sosial, negosiasi dalam proses interaktif, peran aktor-aktor kunci dalam jaringan komunikasi; merumuskan kebijakan intervensi komunikatif untuk transformasi secara partisipatif-kolaboratif.

Dosen:        Ir. Edi Dwi Cahyono, MAgrSc, MS, PhD.

Reza Safitri, SSos, Msi, PhD.

PTE82251. KOLOKIUM  (1 sks)

Ceramah, diskusi, seminar, diskusi panel tentang berbagai isu kontemporer di bidang  penyuluhan, lingkungan, dan pedesaan secara luas; misalnya tentang pandangan pakar dan/atau stakeholders (tokoh,  pejabat, pemukamasyarakat lokal); memahami kebutuhan petani atau komunitas dan faktor-faktor penentu perubahan perilaku; intervensi sosial dan penyuluhan; arah perubahan perilaku individu/komunitas, ataupun konsekuensi inovasi. Kolokium bertujuan untuk memperluas wawasan dan memperdalam kesadaran mahasiswa tentang isu-isu sosiologi dan penyuluhan terkini, agar mahasiswa dapat mengembangkan usulan penelitian yang berkualitas.

Dosen:        Sesuai kebutuhan