PENGELOLAAN TANAH DAN AIR

(MANAJEMEN SUMBERDAYA LAHAN)

Visi

Pada tahun 2025 menjadi program magister yang berstandar internasional danĀ  unggul sebagi pusat pendidikan, penelitian dan pengembangan IPTEK, dan menjadi pusat informasi manajemen sumberdaya lahan dalam rangka meningkatkan potensi dan mengatasi masalah sumberdaya lahan untuk pembangunan wilayah.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas, efektif, efisiensi dan tepat waktu, dalam lingkup manajemen sumberdaya lahan.
  2. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian tentang manajemen sumberdaya lahan yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Tujuan

  1. Menyiapkan Magister yang menguasai IPTEK manajemen sumberdaya lahan: serta mempunyai kepekaan tinggi terhadap permasalahan degradasi lahan dan lingkungan yang dihadapi oleh masyarakat.
  2. Mengatasi kerusakan lahan yang mengakibatkan terjadinya : banjir, longsor, kekeringan, kerusakan hutan dan degradasi lahan.
  3. Memberikan kontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat dalam manajemen sumberdaya lahan.

Kompetensi Utama

  1. Mampu menerapkan Ilmu-ilmu Kebumian untuk pengambilan keputusan manajemen sumberdaya lahan
  2. Menguasai konsep manajemen (inventarisasi, analisis, perancangan, penerapan, monitoring dan evaluasi) sumberdaya lahan khususnya lahan-lahan bermasalah (lahan kritis, lahan tercemar, lahan bekas tambang, lahan longsor, lahan salin).
  3. Menguasai Teknologi rehabilitasi (agroforestri, (bio) remediasi, , konservasi tanah dan air, reklamasi lahan) lahan-lahan bermasalah.
  4. Menguasai dan mengoperasikan alat-alat pendukung yang relevan dengan manajemen sumberdaya lahan (GIS, Computer Modelling, Remote sensing, Teknik dan Teknologi Instrumentasi, Teknik RRA/PRA, RHA (Rapid Hydrology Appraisal), RACSA (Rapid Carbon Stock Appraisal), RABA (Rapid Agrobiodiversity Appraisal)).

Kompetensi Pendukung

  1. Menguasai perkembangan teknologi informasi manajemen sumberdaya lahan.
  2. Mampu mengimplementasikan prinsip sains dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Mampu mengkomunikasikan gagasan kepada masyarakat secara efektif.

Kompetensi Lainnya

  1. Mampu menulis dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.
  2. Mampu menggunakan komputer.
  3. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat.

Leave us a Comment