Program Magister Agronomi

PROGRAM  STUDI S2 AGRONOMI

Visi

Pada tahun 2025 menjadi Program Magister yang berstandar Internasional dan menjadi pusat pendidikan program magister unggulan di bidang Agronomi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan SDM magister yang professional dalam bidang agronomi yang berkelanjutan.

  2. Melaksanakan penelitian untuk pengembangan IPTEK di bidang agronomi yang inovatif dan kreatif.

  3. Menerapkan dan menyebarluaskan inovasi IPTEK dalam upaya pemecahan masalah agronomi yang berkelanjutan dalam skala nasional dan

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Magister Agronomi Program Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya adalah menghasilkan lulusan berkualifikasi Magister yang mempunyai :

  1. Kemampuan mengembangkan konsep ilmu, teknologi baru dalam bidang agronomi melalui penelitian.

  2. Kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian.

  3. Kemampuan menyusun dan menerapkan pendekatan multidisiplin, interdisipliner atau transdisiplin dalam berkarya ilmiah di bidang agronomi.

  4. Kemampuan menghasilkan penelitian di bidang agronomi yang tepatguna dan berkualitas sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Kompetensi

Kompetensi Utama:

  1. Memiliki kemampuan dalam memimpin, mengorganisasikan dan melaksanakan kajian-kajian ilmiah dan penelitian dengan menggunakan sumberdaya ilmiah yang relevan untuk menemukan konsep-konsep baru agronomis untuk menjawab masalah-masalah di bidang pertanian dan lingkungan.

  2. Memiliki kemampuan menemukan dan/atau mengembangkan IPTEK produksi pertanian melalui kajian-kajian bio-teknologi, eko-fisiologi, dan sosio-humaniora dalam upaya meningkatkan produktivitasnya secara berkelanjutan.

  3. Memiliki kemampuan analisis ilmiah untuk menghasilkan konsep-konsep yang tepatguna untuk menjawab masalah-masalah aktual dan mendukung kebijakan pembangunan pertanian yang berkelanjutan.

Kompetensi Pendukung:

  1. Kemampuan mengembangkan peta-jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multi disiplin, atau trans disiplin, berdasarkan hasil penelitiannya.

  2. Kemampuan menyusun argumen ilmiah secara kritis atas fakta, fenomena, atau keadaan, dan mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat.

  3. Kemampuan menyusun karya tulis ilmiah dari hasil penelitiannya dalam bentuk tesis dan artikel ilmiah, serta mempublikasikannya pada jurnal ilmiah nasional dan/atau jurnal internasional.

 

 

Kompetensi Lainnya:

  1. Memiliki kemampuan menggunakan teknologi informatika untuk mengelola, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil-hasil penelitiannya.

  2. Kemampuan mengembangkan hubungan kolegial – kesejawatan melalui jaringan/ forum kerjasama komunitas pakar pertanian dan memiliki kepekaan serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Kurikulum Program Studi

Mata kuliah wajib program

9 sks

Mata kuliah wajib minat

6 – 12 sks

Mata kuliah pilihan

9 – 17 sks

Tesis

12 sks

Jumlah

36 – 50 sks

Mata Kuliah Wajib Program Studi

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTB81138

Metode Penelitian dan Etika Ilmu

3k

I

2

PTB81101

Ekofisiologi Tanaman

2k+1p

I

3

PTB81102

Bioteknologi Tanaman

2k+1p

II

4

UBU8006

Tesis

12

III/IV

Mata Kuliah Wajib Minat

  1. Minat Manajemen Produksi Tanaman

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTB81103

Teknologi Agronomi Lanjutan

3k

I

2

PTB81104

Teknologi Hortikultura Lanjutan

3k

I

  1. Minat Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTB81105

Genetika Sel

2k+1p

I

2

PTB81106

Genetika Kuantitatif

2k+1p

I

3

PTB82107

Rekayasa Genetika Tanaman

2k+1p

II

4

PTB82108

Pemuliaan Tanaman Lanjutan

2k+1p

II

Mata Kuliah Pilihan Minat

  1. Minat Manajemen Produksi Tanaman

No.

Kode

MataKuliah

sks

Smt

1

PTB81209

Teknik Pengendalian Gulma

2k

I

2

PTB81210

Sistem Pertanian Berlanjut

2k+1p

I

3

PTB81211

Orchidologi

2k

I

4

PTT81212

Teknik Konservasi dan Remediasi Lahan

2k + 1p

I

5

PTB82213

Modeling Tanaman

2k

II

6

PTB82214

Produk Alami Tanaman

2k

II

7

PTB82215

Pola Tanam Lanjutan

2k

II

8

PTB82216

Pengembangan Produksi Tanaman

2k+1p

II

9

PTB82217

Pengelolaan Energi Pertanian

2k

II

10

PTH82218

Pengelolaan Hama dan Penyakit Tanaman Terpadu

2k

II

  1. Minat Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman

No.

Kode

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTB81219

Manajemen Perakitan dan Pelepasan Varietas

2+1

I

2

PTB82220

Survei dan Konservasi Plasma Nutfah

2+1

II

3

PTB81221

Pengelolaan Benih

2+1

I

SILABUS MATA KULIAH

 

PTB81138. METODE PENELITIAN DAN ETIKA ILMU (3 sks)

Mata  kuliah  ini  memberikan  pengetahuan  dan  kemampuan  mahasiswa  untuk
mengejewatahkan pengertian-pengertian teoritis keaspek praktis mengenai berbagai sub topik  bahasan  di  dalamnya.  Adapun  berbagai  bahasan  yang  dimaksud  meliputi:  pengertian mengenai paradigma sains dan metode cara mendapatkannya  ; mengenal pengertian hard sciences dan contoh teknologi keras dan lunak yang di hasilkannya. Mengemukakan mengenai apa yang disebut dengan alur ilmiah atau metode ilmiah dan jenis-jenis  ilmu  yang didpatkannya,  serta  mengkritisi  kelebihan  dan  kekurangannya. Menyusun  cara  penelitian  ilmiah  dari  eksplorasi,  perumusan  masalah,  penyusunan, hipotesis, penyusunan kerangka penelitian, pelaksanaan, analisis, kesimpulan, publikasi ilmiah.  Disinggung  juga  mengenai  sejarah  tentang  lahirnya  sains  modern  dalam peradaban manusia. Dengan mengetahui etika ilmiah diharapkan setelah mengikuti matakuliah ini mahasiswa dapat menunjukan sikap selaku ilmuan penyelesai masalah yang bertanggung jawab dalam pengembangan ilmu nya. Pokok bahasan meliputi: Pengenalan keberadaan unsur  ketenagaan  daya  potensi  di  dalam  diri  manusia,  ciri-ciri  ilmuan  penyelesai masalah, ilmu murni terpadu berkesetimbangan berkesemestaan, gambaran potensi bumi tanah diIndonesia subur makmur dan cara pengelolaannya secara bertanggung jawab, abad  berakhirnya  science  dan  dampak  pemikiran  scientiest  terhadap  perkembangan science serta dampak perkembangan science terhadap tatanan mahluk di alam semesta, pelajaran  sikap  dibalik  tampilan  flora  dan  fauna,  pemahaman  dan  perkembangan tentang bio-etik, bio-piracy, bio- safety, bio-imperalisme, bio-crimina serta Hak Atas Kekayaan intelektual (HAKI). Pemahaman ilmu yang bebas nilai vs ilmu yang dimuati nilai serta labeling etika dalam sains. Peranan wahyu dan sumberlain dalam membangun etika ilmiah serta konsekuensi nya.

Dosen:        Prof.Dr.Ir. Eko Widaryanto,MS

Prof.Dr.Ir. Yogi Sugito

Dr. Budi Waluyo, SP.,MP

PTB81101. EKOFISIOLOGI TANAMAN (3 sks)

Mempelajari arti penting ekofisiologi tanaman dalam proses produksi tanaman. Membahas pengaruh masing-masing komponen lingkungan (radiasi, air, suhu, atmosfir termasuk Green House effect, Acid Rain), tanah, nutrisi tanaman serta faktor biotik terhadap  pertumbuhan  dan  hasil  tanaman.  Kompetisi  tanaman  lingkungan  di  dalam rumah kaca dan pengaruhnya terhadap produksi tanaman.

Dosen:        Prof.Dr.Ir. Moch. Dawam Maghfoer, MS.

Prof. Dr.Ir. Nurul Aini, MS.

Dr.agr. Nunun Barunawati, SP., MP.

PTB81103. TEKNOLOGI AGRONOMI LANJUTAN (3 sks)

Mata kuliah ini membahas tentang teknologi sistem produksi tanaman dengan
memberdayakan lingkungan tumbuh tanaman, baik faktor abiotik maupun biotik, serta penggalian  potensi  tanaman,  dalam  upaya  meningkatkan  produksi  tanaman  yang berdampak  negatif  rendah  terhadap  lingkungan ;  pengembangan  sistem  pertanian komersial  dengan  mengoptimalkan  potensi  sumberdaya  setempat  serta  membahas masalah dan peluang pertanian pada berbagai kawasan.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Husni Thamrin Sebayang, MS

Dr. Ir. Titin Sumarni, MS

Dr.Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, MS.

Prof.Dr.Ir. Titiek Islami, MS.

PTB81104. TEKNOLOGI HORTIKULTURA LANJUTAN (3 sks)

Kalau  dalam kuliah S1 diajarkan teknologi produksi hortikultura (buah, sayur, tanaman hias, tanaman obat) maka di S2 diajarkan bagaimana meningkatkan kualitas. Kualitas pada komoditi hortikultura meliputi rasa, aroma, warna, corak, ukuran, bentuk, kandungan nutrisi, keseragaman, lama pajang  (fase life) dan bobot. Mahasiswa akan mengetahui faktor internal (kimia, fisiologi) dan eksternal (budidaya, lingkungan), yang berpengaruh  terhadap  kualitas  tersebut.  Teknologi untuk  memperbaikinya  melalui pemuliaan  konvensional,  pemuliaan secara non-konvensional,  teknologi  budidaya  serta modifikasi lingkungan.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Agus Suryanto, MS

Dr. Ir. Sitawati, MS

Dir. Ir. Didik Hariono, MS

PTB81105. GENETIKA SEL (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan karakteristik sel (struktur  dan  komponen  sel),  struktur  dan  organisasi  bahan  genetik,  fungsi  materi genetik, karakteristik dan fungsi kromosom, perubahan struktur dan jumlah kromosom serta konsekuensinya, perilaku kromosom pada saat transmisi somatic dan generatif tanaman, analisa genom, dosis gen, FISH (fluorescence in situ hybridization).

Dosen:        Dr. Darmawan Saptadi, SP, MP

Dr. Ir. Andy Soegianto, CESA

PTB81106.GENETIKA KUANTITATIF (3 sks)

Populasi random mating, frekuensi gen dan genotip, perubahan frekuensi gen, deskripsi  karakter  kuantitatif,  komponen  kuantitatif,  analisis  heritabilitas  dan  respon seleksi, pendugaan komponen ragam genetic, daya gabung umum & khusus, interaksi genotipa x lingkungan, stabilitas, indeks seleksi, analisis silang puncak.

Dosen:        Dr. Budi Waluyo, SP, MP

Dr. Afifuddin Latif Adiredjo, SP., M.Sc.

PTB81209. TEKNIK PENGENDALIAN GULMA (3 sks)

Tujuan  dari  Mata  kuliah  Kuliah  Teknik  Pengendalian  Gulma  ini  diharapkan mahasiswa  dapat  memahami  identifikasi  dan  biologi  serta  ekologi  gulma,  sehingga mahasiswa  dapat  memahami  dan  menganalisis  persaingan  gulma  dengan  tanaman misalnya faktor-faktor luar (abiotik) maupun biotik yang berpengaruh pada kompetisi gulma   terhadap   tanaman,   kemudian   mahasiswa   dapat   merencanakan   atau melaksanankan  serta  menentukan metoda  dan  manajemen  pengendalian  gulma. Akhirnya  mahasiswa  dapat  mengevaluasi  hasil  pengendalian  gulma  terhadap  hasil tanaman yang dibudidayakan.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Husni Sembayang, MS.

Dr.Ir. Titin Sumarni, MS.

PTB81210.  SISTEM PERTANIAN BERLANJUT (3 sks)

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat mengkaji pemahaman pertanian
berlanjut dan dampak luas terhadap penyediaan pangan dan kelestarian lingkungan.  Pokok bahasan meliputi: Pendahuluan (Latar belakang, filosofi, definisi, holistik dan indikator berlanjut); Macam pertanian berlanjut dan contohnya; Pengelolaan lahan produksi  secara  mandiri  dan  berlanjuti:  Integrated  nutrition  management,  tillage, Integrated  Crop  Pest  Management  di  lahan  kering  dan  beririgasi,  Integrated  Land Production; Rotasi tanam, pola tanam, companion planting secara berlanjut; Manfaat bahan organik berlanjut, pertanian organik, sistem pertanian organik, pupuk organik,  pangan  organik;  Produks  tanaman  serealia,  sayuran,  buah-buahan, dan  perkebunan berlanjut.

Dosen:        Ir. Didik Suprayogo, M.Sc., Ph.D.

Prof.Dr.Ir. Kurniatun Hairiah

Dr.Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, MS.

Dr.Agr.Sc. Hagus Tarno, SP., MP

Dr. Uma Khumairoh, SP., M.Sc

PTB81211.  ORCHIDOLOGI (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip agroteknologi  komoditi  anggrek.  Pokok  bahasan  meliputi:  Prinsip  produksi  anggrek sebagai komoditi komersial dan seni, budidaya anggrek untuk bunga pot dan bunga potong,  seleksi,  pemuliaan  dan  pembibitan  anggrek.  Penanganan  dan  pemasaran anggrek,  cara  penilaian  kualitas,  evaluasi  klon,  spesies  dan  hybrid,  karantina, perlindungan spesies dan paten.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Tatik Wardiyati, MS.

Prof.Ir. Lita Soetopo, Ph.D.

PTB81102.  BIOTEKNOLOGI TANAMAN (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep penerapan bioteknologi bagi pembangunan pertanian. Pokok  bahasan   meliputi:   Pengenalan   bioteknologi   dan   kultur   jaringan: pengertian, sejarah, macam dan manfaat bagi pengembangan pertanian. Kultur embrio dan  hibridisasi  luas  dan  teori  yang  mendasari,  manfaat  dalam  pemuliaan  dan perbanyakan tanaman. Kultur puncak sebagai teknik perbanyakan mikro, teori, aplikasi dan teknik. Kultur kalus dan sel: manfaat dan hasil yang didapat, bibit buatan (sintetis). Kultur meristem: struktur jaringan tunas, manfaat kultur meristem dan mengeliminir virus.  Kulturanther  dan  ovary:  kegunaan  dalam  mendapatkan  tanaman/sel  haploid. Produksi metabolit sekunder: peran dalam dunia farmasi dan pertanian pada umumnya. Penyimpanan tanaman secara in vitro: dalam suhu biasa maupun dalam suhu tidak biasa, suhu rendah dan beku (cryopreservation). Rekayasa genetika untuk perbaikan kualitas ketahanan tanaman. Isolasi DNA. Enzim restirksi: macam dan cara kerja. Pemotongan dan  penyambungan  DNA.  Teknik  trasfeksi  gen.  Pemetaan  gen:  fungsi  dan  teknik. Aplikasi teknologi DNA rekombinan.

Dosen:        Dr. Darmawan Saptadi, SP, MP

Dr. Ir. Andy Soegianto, CESA

PTB82107. REKAYASA GENETIKA TANAMAN (3 sks)

Peran teknologi gen dalam perbaikan sifat tanaman, Modifikasi genetic tanaman, Gen kloning dan identifikasi, Teknologi transfer gen, Rekayasa genetic tanaman toleran herbisida, kemampuan fiksasi nitrogen, Rekayasa genetik tanaman untuk produksi dan kualitas hasil.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Arifin Noor Sugiharto, M.Sc.

Dr. Noer Rahmi Ardiarini, SP., M.Si

PTB82108. PEMULIAAN TANAMAN LANJUTAN (3 sks)

Konsep dan terminologi, Metoda seleksi dan Pemuliaan tanaman, Manipulasi
system genetic tanaman: system self & cross incompatibility, male sterility, apomixes, andro  &  parthenogenesis,  Hibridisasi  inter  &  intraspecific, MAS (marker-assisted selection), Seleksi gametophytic & sporophytic, Strategi dan teknik pemanfaatan kerabat liar untuk perbaikan sifat tanaman, Pemanfaatan indigenous spesies.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS

Dr. Ir. Damanhuri, MS

PTB82213.  MODELING TANAMAN (2 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep model
simulasi pertumbuhan dan produksi tanaman pada berbagai kondisi ekosistem. Pokok bahasan  meliputi:  Studi  tentang  konstruksi  model  dinamik  menggunakan  program computer dalam menstimulasikan tingkah laku system tanaman, khususnya dalam aspek pertumbuhan berdasarkan komponen dan proses penyusunannya sebagai suatu kesatuan. Pengenalan berbagai model dengan tekanan pada model dinamik yang kemudian diikuti dengan  uraian  tentang  langkah-langkah  pembuatan  model (pengenalan  system, spesifikasi masalah dinamik, konstruksi diagram stok dan aliran, pembuatan arus balik diagram  dan  estimasi  harga  parameter).  Simulasi  pertumbuhan  yang  memberikan produksi  potensi  yaitu  pertumbuhan  yang  tidak  dibatasi  oleh  faktor  air  dan  nutrisi tanaman, sedang hama dan penyakit tidak dipertimbangkan.

Dosen:        Dr. Budi Waluyo, SP, MP

Dr. Anna Satyana Karyawati, SP., MP

Afifudin Latief Adirejo, SP., M.Sc., Ph.D.

PTB82214. PRODUK ALAMI TANAMAN (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan proses produksi komoditas  penghasil  senyawa  skunder.  Pokok  bahasan  meliputi:  Macam  senyawa sekunder yang dihasilkan tanaman, manfaat, tempat diproduksi dan prinsip metabolisme bagaimana teknik memproduksi suatu komoditi penghasil senyawa sekunder, misalnya minyak esensial, zat pewarna, obat-obatan.

Dosen:        Prof. Dr. Ir.Ellis Nihayati, MS

Prof. Dr. Ir. Tatik Wardiyati, MS.

Dr.Dra. Rurini Retnowati, M.Si.

PTB82215.  POLA TANAM LANJUTAN(3 sks)

Gambaran  umum Farming System di Indonesia, Pembentukan pola tanam akibat aspek fisik dan non fisik,  Pola tanam monokultur, Pola tanam intercropping, Diversitas dan stabilitas pada pola tanam monokultur dan intercropping, Berbagai bentuk, manfaat dan fungsi pola

tanam intercropping, Pertanian Indonesia masa depan dan Revitalisasi Pertanian, Kesesuaian pola tanam dalam penyediaan pangan dalam kerangka pertanian Indonesia masa depan dan isu global.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Agus Suryanto, MS

Dr. Ir. Sitawati, MS

PTB82216. PENGEMBANGAN PRODUKSI TANAMAN (3 sks)

Perpektif  pembangunan  pertanian  Indonesia  dalam  isu  pertanian  global, Ketersediaan  dan  potensi  sumberdaya  alam  dan  sumberdaya  manusia  di  Indonesia, Teknologi produksi pertanian yang meliputi   sumberdaya benih dan teknologi sarana produksi,  Pengelolaan  faktor  lingkungan  biotik  dan  abiotik  ideal  bagi  peningkatan produksi, Pendekatan teknologi buatan dalam upaya mendapatkan faktor lingkungan ideal, Teknologi sistem pertanian berlanjut, Pengembangan produksi tanaman berkaitan dengan potensi pasar dan citarasa konsumen.

Dosen:        Prof. Dr. Ir. Nurul Aini, MS

Dr. Ir. Didik Hariono, MS

PTB82217. PENGELOLAAN ENERGI PERTANIAN (2 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar dari produksi biofuel/bioebergi. Aspek agronomi dan fisiologi dari tanaman menghasil bioenergi. Macam-macam biofuel dari biomasa, starch-based ethanol, cellulosic-based ethanol, oilseed ethanol, algae. Enersi balance dan analisis life-cycle produksi biofuel. Nilai  tambah  dari  prosessing  residu  biofuel  dan  produk  samping  (environment  and sustainability). Legal, policy dan social issues.

Dosen:        Prof.Dr. Ir. Eko Widaryanto, MS.

Karuniawan Puji Wicaksono, SP., MP., Ph.D

PTB82220. SURVEI DAN KONSERVASI PLASMA NUTFAH (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep pelaksanaan survei dan konservasi palsma nutfah. Kondisi saat ini plasma nutfah dan peluang kerusakan plasma nutfah dimasa mendatang.Berbagai pertimbangan perlunya konservasi. Upaya konservasi dan pelestarian plasma nutfah. Perancangan survei dalam rangka konservasi plasma nutfah.

Dosen:      Prof.Ir. Lita Soetopo. Ph.D

Prof.Ir. Sumeru Ashari, M.Agr.Sc., Ph.D

PTB81219. MANAGEMEN PERAKITAN DAN PELEPASAN VARIETAS (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan managemen perakitan varietas sejak mulai penyiapan bahan pemuliaan sampai pada proses pengujian dan pelepasan varietas. Perakitan varietas meliputi pengelolaan pemuliaan pada tanaman menyerbuk sendiri, menyerbuk silang dan membiak vegetatif.  Pelepasan varietas meliputi pengujian daya hasil, uji adaptasi, uji observasi, penyusunan usulan pelepasan varietas, uji kebenaran, pendaftaran varietas, uji BUSS dan hak perlindungan varietas tanaman.

Dosen:             Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS

Dr. Budi Waluyo, SP, MP

PTB81221.  PENGELOLAAN BENIH (3 sks)

Setelah mengikuti maka kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan pengelolaan benih tanaman, sejak dari produksi dampai pemasaran benih.  Perbedaan pengelolaan benih tanaman pangan, hortikultura dan industri. Penanganan benih yang benar. Upaya menjamin sistem perbenihan di indonesia berjalan sesuai aturan dan berpihak pada petani.

Dosen:             Prof. Ir. Lita Soetopo, PhD

Dr. Ir. Damanhuri, MS

SURAT KETERANGAN S2 ARONOMI