Program Magister Entomologi Pertanian

Visi :

Pada tahun 2035 menjadi program studi yang berstandar internasional, serta mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui pengembangan Entomologi Pertanian dan Pengelolaan Sumberdaya Alam yang berlanjut.

 

Misi :

  1. Mengembangkan lembaga pendidikan tinggi di bidang Entomologi Pertanian yang berkualitas, efektif dan efisien.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian dalam rangka mendorong iptek yang berbasis kebutuhan masyarakat baik daerah, nasional dan internasional.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai penerapan iptek berbasis kebutuhan masyarakat baik daerah, nasional dan internasional.

Tujuan:

  1. Mewujudkan kapasitas pengelola program studi yang berkualitas, efektif dan efisien dan berstandar internasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang Entomologi Pertanian dan mampu bersaing sampai tingkat global.
  3. Mengembangkan penelitian baik daerah, nasional dan internasional di bidang Entomologi Pertanian
  4. Berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat baik daerah, nasional dan internasional melalui penerapan iptek di bidang Entomologi Pertanian.

 

Sasaran:

Adapun sasaran dalam pengembangan PS S2 Entomologi Pertanian ini adalah:

  1. Lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang Entomologi Pertanian untuk berbagai bidang kerja terkait sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dengan spesifikasi capaian:
    1. Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 2 tahun,
    2. Lulusan atau mahasiswa memiliki ketrampilan dan pengalaman melakukan penelitian yang mendukung untuk publikasi internasional dan berkontribusi dalam pengembangan keilmuan.
  2. Dihasilkannya karya ilmiah di bidang Entomologi Pertanian dengan spesifikasi capaian:
    1. Menerbitkan buku rata- rata 1 buku setiap tahun
    2. Memiliki jurnal PS S2 Entomologi Pertanian yang terbit secara berkala dan memiliki reputasi di tingkat nasional dan internasional
    3. Memiliki kegiatan penelitian yang berkontribusi terhadap pengembangan keilmuan
    4. Mendukung Pusat Kajian Pengelolaan Hama dan Penyakit Terpadu (PK-PHT) dengan fokus pada pengelolaan Agroekosistem berbasis ekologi.
  3. Mendukung terciptanya Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan melalui pengembangan PK-PHT untuk diseminasi hasil penelitian dan pemberdayaan masyarakat melalui program-program pengabdian kepada masyarakat dengan spesifikasi capaian:
  4. Masyarakat mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dan pengetahuan yang mendorong kepada pemberdayaan masyarakat.
  5. Masyarakat mudah untuk mengakses program pemberdayaan masyarakat melalui PK-PHT yang didukung oleh PS S2 Entomologi Pertanian
  6. Terbangunnya jaringan kerja antara PS S2 Entomologi Pertanian sebagai lembaga pendidikan dengan pasar kerja.
  7. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi baik pemerintah daerah, nasional, lembaga swadaya masyarakat (LSM) lokal, nasional, dan internasional, maupun Organisasi nasional dan internasional sebanyak minimal 10 lembaga setiap tahunnya
  8. Mempersiapkan penciptaan jaringan kerjasama dengan alumni dalam rangka meningkatkan kerja sama sebagai sarana menguatkan akses kerjasama dengan mitra di luar kampus.