Program Magister Ekonomi Pertanian

PROGRAM STUDI MAGISTER  EKONOMI PERTANIAN

Visi

Pada tahun  2025  menjadi program magister yang berstandar internasional dan unggul  dalam  kegiatan  pendidikan,  penelitian  dan  pengembangan  IPTEK  ekonomi pertanian  serta  berperan  aktif  dalam  memecahkan  masalah  ekonomi  pertanian  yang dihadapi oleh masyarakat dalam pembangunan.

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang berkualitas tinggi dengan dukungan sistem manajemen yang profesional.

  2. Menerapkan IPTEK untuk membantu memecahkan permasalahan ekonomi pertanian yang dihadapi oleh masyarakat.

  3. Mengelola program studi secara mandiri dan profesional terutama dalam kaitannya dengan visi untuk menjadi program studi ekonomi pertanian yang terkemuka menuju standar internasional.

Tujuan

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkemampuan untuk menjawab tantangan berbagai masalah  dalam  pembangunan  pertanian,  pemasaran  maupun  ekonomi sumberdaya melalui riset dan pengembangan.

  2. Menghasilkan sumberdaya  manusia  yang  berkemampuan  untuk  merumuskan pendekatan untuk menjawab berbagai masalah ekonomi pertanian melalui penelitian ilmiah dan mempublikasikan hasilnya secara nasional dan/atau internasional.

  3. Menghasilkan sumberdaya  manusia  yang  memiliki  ilmu  pengetahuan  maupun teknologi   yang  mampu   memecahkan   masalah-masalah   dalam   pembangunan pertanian,  pemasaran  hasil  pertanian,  serta  ekonomi  sumberdaya masyarakat

  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai ilmu pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi (S3/Doktor).

Kompetensi

  1. Lulusan mempunyai  kompetensi  dan  kemampuan  untuk  menganalisis  dan merumusan kebijakan di bidang ekonomi pertanian.

  2. Lulusan menpunyai  kompetensi  dan  kemampuan  untuk  merencanakan  model pembangunan pertanian.

  3. Lulusan menpunyai  kompetensi  dan  kemampuan  untuk  menganalisis  hasil pembangunan ekonomi khususnya di bidang pertanian.

Kompetensi Utama

  1. Lulusan mempunyai kemampuan menganalisis dan meneliti masalah-masalah pembangunan ekonomi pertanian dan mempublikasikan hasil penelitiannya dalam jurnal nasional dan/atau internasional.

  2. Lulusan mempunyai kemampuan untuk merumuskan kebijakan di bidang ekonomi

Kompetensi Pendukung

  1. Lulusan mempunyai kemampuan melakukan penelitian dan merencanakan model pembangunan pertanian.

  2. Lulusan mempunyai  kemampuan  untuk  merencanakan  pertanian  perkebunan (agribisnis) berskala menengah dan berskala besar.

Kompetensi Lainnya

  1. Lulusan mempunyai   kemampuan   meng-komunikasikan   hasil-hasil   penelitian berskala nasional dan internasional.

  2. Lulusan mempunyai kemampuan bertindak sebagai konsultan pembangunan wilayahdan perusahaan pertanian.

Kurikulum dan Beban Studi

Sesuai  dengan  tujuan  program  magister  ilmu  ekonomi  pertanian,  kurikulum disusun secara terintegrasi dari berbagai elemen alat analisis. Dengan demikian, setelah mengikuti kuliah di Program Magister Ilmu Ekonomi Pertanian, mahasiswa diharapkan mampu  mengungkapkan  hasil-hasil  penemuan  (Research Finding)  dalam  penelitian Ekonomi Pertanian.

Struktur Kurikulum

Mata kuliah wajib program

15 sks

Mata kuliah wajib minat

6 – 12 sks

Mata kuliah pilihan

9 – 17 sks

Tesis

12sks

Jumlah

36 – 50 sks

Susunan Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Program Studi Ekonomi Pertanian

No.

Kode MK

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTE81152

Ekonomi Makro

3

I

2

PTE81153

Ekonomi Mikro

3

I

3

PTE81154

Metode Penelitian Ekonomi Pertanian

3

I

4

PTE82155

Ekonometrika

3

II

5

PTE82156

Ekonomi Produksi Pertanian

3

II

6

UBU8006

Tesis

12

III/IV

  1. Mata Kuliah Wajib Minat Ekonomi Sumberdaya

No.

Kode MK

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTE81157

Ekonomi Sumberdaya

3

I

2

PTE82158

Ekonomi Tenaga Kerja

3

II

  1. Mata Kuliah Wajib Minat Ekonomi Pembangunan Pertanian

No.

Kode MK

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTE81159

Ekonomi Pembangunan Pertanian

3

I

2

PTE82160

Analisis Ekonomi dan Perenca-naan Proyek Pertanian

3

II

  1. Mata Kuliah Minat Pemasaran dan Perdagangan Internasional

No.

Kode MK

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTE81263

Pemasaran Hasil Pertanian

3

I

2

PTE81265

Perdagangan Internasional

3

II

Mata Kuliah Pilihan Program Studi Ekonomi Pertanian

No.

Kode MK

Mata Kuliah

sks

Smt

1

PTE81263

Pemasaran Hasil Pertanian

3

I

2

PTE81264

Ekonomi Manajerial

3

I

3

PTE81265

Perdagangan Internasional

3

I

4

PTE81266

Riset Operasi

3

I

5

PTE82160

Analisis Ekonomi dan Perenca-naan Proyek Proyek Pertanian

3

I

6

PTP82268

Politik Pertanian

3

II

7

PTE82269

Analisis Harga

3

II

 

SILABUS MATA KULIAH

PTE81152. EKONOMI MAKRO (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menjelaskan  kembali
berbagai konsep ekonomi makro hasil pemikiran beberapa ahli ekonomi terkemuka didunia, serta konteks penerapannya. Pokok  bahasan  meliputi:  variabel  dan  model  ekonomi  makro,  permintaan agregat, teori keputusan konsumsi dan investasi, teori permintaan dan penawaran uang, pasar tenaga kerja, penawaran agregat, ekonomi makro pada perekonomian terbuka, politik ekonomi makro dan neraca pembayaran, inflasi dan pengangguran, perkembangan variabel ekonomi makro Indonesia, beberapa  pemikiran  ahliekonomi dunia dan pakar-pakar Indonesia.

Dosen:                 Prof. Ir. Ratya Anindita. MP, Ph.D. (Koordinator)

Dr. Ir. Syafrial, MS.

Dr. Sujarwo, SP. MP. MSc.

PTE81153. EKONOMI MIKRO (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan kembali prinsip-prinsip ekonomi mikro dalam konteks pembangunan ekonomi pertanian di Indonesia. Pokok  bahasan  meliputi:  teori  permintaan, teori  produksi,  biaya  dan penawaran,  pasar  kompetisi  sempurna  dan  tidak  sempurna, harga  faktor  produksi dan biaya distribusi, teori keseimbangan umum dan ekonomi kesejahteraan.

Dosen:

Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS. (Koordinator)

Dr.  Rosihan Asmara, SE. MP.

Dr. Fahriyah, SP. MSi.

PTE81154.METODE PENELITIAN EKONOMI PERTANIAN (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat membuat usulan penelitian tesis.    Pokok  bahasan  meliputi:  perumusan  masalah,  penyusunan  kerangka  teoritis, teknik sampling, pemanfaatan data sekunder, model-model analisis ekonomi parametrik dan non parametrik. Penggunaan komputer dalam analisis, Interprestasi hasil, pembuatan usulan penelitian ekonomi pertanian.

Dosen:

Hery Toiba, SP. MP. PhD. (Koordinator)

Prof. Dr. Ir. M. Iksan Semaoen, MSc.

PTE81157. EKONOMI SUMBERDAYA (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep optimasi ekonomi dalam pengelolaan sumberdaya pertanian. Pokok bahasan meliputi: Jenis-jenis sumberdaya, pola penggunaan sumberdaya dalam kaitannya   dengan   perubahan   pertanian,   pertumbuhan   penduduk,   teknologi   dan ketersediaan   sumberdaya   yang   makin   langka.   Konsep-konsep   teori   ekonomi kesejahteraan, Eksternalitas, Social Cost, Social Gains, Public Goods, Common Property yang  dapat  dipakai  sebagai  pedoman  didalam  pengambilan  keputusan  pengelolaan sumberdaya manusia untuk mencapai daya guna yang optimal.

Dosen :

Dr. Ir. Suhartini. MP.(Koordinator)

Prof. Dr. Ir. M. Muslich Mustajab. MSc.

Dr. Fahriyah, SP. MSi.

PTE81159. EKONOMI PEMBANGUNAN PERTANIAN  (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menganalisis  secara mendalam kasus-kasus pembangunan pertanian yang berdampak negatif kepada aspek pemerataan dan penanggulangan kemiskinan. Pokok  bahasan  meliputi: Teori  ekonomi  pembangunan dan teori  pembangunan pertanian, peran pertanian dalam pembangunan ekonomi, model-model pembangunan pertanian, transformasi pertanian dan pembangunan pedesaan, transformasi struktural, transfer teknologi, faktor kelembagaan, masalah pertambahan penduduk dan kesempatan kerja  dalam  pembangunan pertanian,  trimatra  pembangunan  pertanian, investasi pertanian, pengeluaran publik bidang pertanian, berbagai kasus pembangunan pertanian di  negara  maju  dan  negara  berkembang,  isu-isu  pemerataan  dan  penanggulangan kemiskinan.

Dosen :

Dr. Ir. Suhartini, MP. (Koordinator)

Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, MS.

Hery Toiba, SP. MP. PhD.

PTE82160. ANALISIS EKONOMI &PERENCANAAN PROYEK PERTANIAN (3sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep analisis kelayakan proyek agribisnis dalam konteks ekonomi regional, nasional dan global.
Pokok  bahasan  meliputi:  Proyek  pertanian  dan  agroindustri,  identifikasi  biaya  dan manfaat proyek, penilaian biaya dan manfaat proyek secara finansial dan ekonomis, kriteria  investasi,  analisis  sensitivitas  dan pemilihan  alternatif  proyek,  analisis dampak multiplier dan eksternalitas suatu proyek, penyiapan studi kelayakan proyek pertanian dan agroindustri.

Dosen:

Dr. Ir. Syafrial, MS.(Koordinator)

Dr. Ir. Suhartini, MP.

Dr. Rosihan Asmara, SE. MP.

PTE81263.  PEMASARAN HASIL PERTANIAN (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep pemasaran komoditi unggulan pertanian untuk meningkatkan daya saing di pasar bebas. Pokok bahasan meliputi: review teori analisis pemasaran,pemintaan dan penawaran hasil-hasil pertanian,pendekatan dalam mempelajari pemasaran,standarisasi dan grading,margin pemasaran,biaya pemasaran, ukuran efisiensi dalam pemasaran,hubungan antar pasar dan perdagangan antar daerah, future market dan future trading, politik pemasaran pemerintah.

Dosen:

Prof. Ir. Ratya Anindita. MP, PhD. (Koordinator)

Dr. Ir. Syafrial, MS.

Hery Toiba, SP. MP. PhD.

PTE81265. PERDAGANGAN INTERNASIONAL  (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menyusun konsep teoritis yang  dapat  diterapkan  oleh  agen-agen  pemasaran  internasional  untuk  meningkatkan kinerja ekspor komoditi unggulan suatu wilayah/negara. Pokok  bahasan  meliputi:  perkembangan teori dan pentingnya perdagangan dunia, lingkungan  bisnis  internasional, struktur  perusahaan internasional, peran kelembagaan  internasional, struktur  perusahaan  internasional, strategi  pemasaran internasional; teori tarif, distorsi dan hambatan perda-gangan internasional, pasar valuta asing, neraca pembayaran, dampak perdagang-an internasional dalam perekonomian.

Dosen:

Prof. Ir. Ratya Anindita, MS., PhD. (Koordinator)

Hery Toiba, SP. MP. PhD.

Dr. Sujarwo, SP.MP. MSc.

PTE81266. RISET OPERASI (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menyusun  konsep  model  riset operasi  untuk  menganalisis  problematika  manajemen  agribisnis  komoditi  pangan  di Indonesia. Pokok bahasan meliputi: ruang lingkup riset operasi,kaitan riset operasidan ilmu manajemen, analisis kuantitatif dan kualitatif, proses pengambilan keputusan, aplikasi  dan  model  Linier  Programing (LP) dan Linear Goal-programming (LGP),  model  maksi-mum  dan  minimum,  analisis simpleks, analisis dual, makna parameter hasil analisis.

Dosen:

Dr. Rosihan Asmara, SE. MP. (Koordinator)

Dr. Sujarwo, SP.MP.MSc.

Dr. Fahriyah, SP. MSi.

PTE82155. EKONOMETRIKA (3 sks)

Setelah  mengikuti  mata  kuliah  ini  mahasiswa  dapat  menyusun  konsep pende-katan  ekonometrika  untuk  menganalisis  kasus-kasus  aktual  dalam  ekonomi perta-nian di Indonesia. Pokok bahasan meliputi:pengertian ekonometrika, spesifikasi model ekonometrika, pendugaan parameter, verifikasi model dan peramalan, regresi sederhana dankorelasi, model regresi berganda dan korelasi parsial, uji hipotesis dalam regresi, analisis varian. Masalah dan pelanggaran asumsi dasar dalam regresi (multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi), regresi dengan variabel dummy serta model persamaan simultan.

Dosen:

Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. (Koordinator)

Hery Toiba, SP. MP. PhD.

Dr. Sujarwo, SP.MP. MSc.

PTE82156. EKONOMI PRODUKSI (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat melakukan analisis ekonomi produksi untuk menjelaskan permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan agribisnis. Pokok   bahasan   meliputi: definisi   dan peranan   ekonomi   produksi,  aspek teknis fungsi  produksi, ekonomi produksi dengan perspektif input, ekonomi produksi dengan perspektif output, permintaan input dan penawaran output, fungsi produksi dua input, berbagai bentuk fungsi produksi, optimisasi dalam fungsi produksi serta resiko dan ketidakpastian dalam produksi.

Dosen:

Dr. Rosihan Asmara, SE. MP. (Koordinator)

Prof.Dr.Ir. M. Iksan Semaoen, MSc.

PTE82158. EKONOMI TENAGA KERJA (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menganalisis permasalahan ketenaga-kerjaan di wilayah agraris. Pokok  bahasan  meliputi:  Pembahasan  penawaran  dan  permintaan  tenaga  kerja,Keseimbangan pasar tenaga kerja secara mikro dan makro. Keputusan rumah tanggaantara suami isteri dalam penawaran tenaga kerja dan distribusi pendapatan, intervensi pemerintah dalam pasar tenaga kerja, perencanaan tenaga kerja dan dinamika tenagakerja.

Dosen:

Dr. Sujarwo, SP.MP.MSc. (Koordinator)

Dr. Fahriyah, SP. MSi.

Prof.Dr.Ir. Nuhfil Hanani AR., MS.

PTE82268. POLITIK PERTANIAN (3 sks)

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat menganalisis kegagalan dan
keberhasilan  pembangunan  pertanian  di  Indonesia  selama  ini,  khususnya  pertanian pangan. Pokok bahasan meliputi: tujuan dan target pembangunan, intervensi pemerintah dalam   pembangunan   pertanian,   trilogi pembangunan   dalam   bidang  pertanian, penerapan  teknologi  kesejahteraan  dalam  pembangunan,  analisis  manfaat  dan  biaya pembangunan, eksternalitas dalam pembangunan, kebijaksanaan harga dan stok pangan, kebijakan subsidi input untuk pertanian, kredit dan asuransi pertanian, penetapan kuota, pajak  ekspor,  dan  tarip  perdagangan  komoditas  pertanian,  konservasi  dan  penataan penggunaan  tanah,  transmigrasi  dan  perluasan  areal  tanah  pertanian,  pembangunan jaringan  irigasi,  pengembangan  teknologi  dan  peningkatan  kualitas  sumberdaya manusia, pengeluaran pemerintah dalam bidang pertanian, evaluasi dampak perubahan kebijakan pertanian, penerapan politik pertanian di negara maju (Jepang, USA, MEE), di negara kurang berkembang (India dan Bangladesh) dan di negara ASEAN (Indonesia,Malaysia, Thailand, Philipines).

Dosen:

Prof.Dr.Ir. Kliwon Hidayat, MS. (Koordinator)

Dr. Ir.  Suhartini, MP.

Hery Toiba, SP. MP. PhD.

PTE82269. ANALISIS HARGA (3 sks)

Setelah mengikuti mata  kuliah ini mahasiswa  dapat menyusun konsep  harga untuk meningkatkan efisiensi kinerja unit usaha agribisnis komoditi komersial. Pokok  bahasan  meliputi:  pendahuluan, harga  dalam  ekonomi  pertukaran,analisis  permintaan,   analisis   penawaran,  hubungan permintaan dan penawaran, pasar input, pricing institution, intervensi pemerintah dan kebijakan harga.

Dosen:

Prof.Ir. Ratya Anindita, MS., Ph.D. (Koordinator)

Dr.Ir. Syafrial, MS.

Dr. Sujarwo, SP. MP. MSc.

Tracer study lulusan