Program Doktor Ilmu Pertanian

Program Pascasarjana Fakultas Pertanian

Universitas Brawijaya

Visi

Pada tahun 2025 menjadi program doktor yang berstandar internasional danĀ  unggul dalam bidang Ilmu Pertanian dan Lingkungan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor di bidang pertanian dan lingkungan melalui proses pembelajaran yang berkualitas, efektif dan efisien.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan di bidang pertanian dan lingkungan yang bermanfaat bagi perkembangan IPTEK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian dalam bidang pertanian dan lingkungan yang relevan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

Tujuan

Tujuan penyelenggaraan Program Doktor Ilmu PertanianĀ  Program Pascasarjana Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya adalah menghasilkan lulusan yang berkualifikasi doktor sebagai berikut:

  1. Mempunyai kemampuan mengembangkan konsep ilmu, teknologi baru dalam bidang pertanian dan lingkungan melalui penelitian
  2. Mempunyai kemampuan mengelola, memimpin, dan mengembangkan program penelitian
  3. Mempunyai kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya di bidang pertanian dan lingkungan menghasilkan penelitian di bidang pertanian dan lingkungan yang berkualitas sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Kompetensi

Kompetensi Utama

  1. Memiliki kemampuan dalam memimpin, mengorganisasikan dan melaksanakanĀ  penelitian untuk menemukan konsep-konsep baru dalam menangani masalah-masalah di bidang pertanian dan lingkungan termasuk aspek ekonomi dan sosiologi
  2. Memiliki kemampuan mengembangkan IPTEK dalam proses produksi tanaman melalui kajian ekologi, fisiologi, pengelolaan dan perakitan keragaman genetik dalam upaya meningkatkan produksi tanaman dan meningkatkan produktivitas sumberdaya lahan, dan atau
  3. Memiliki kemampuan analisis dan perumusan kebijakan di bidang ekonomi pertanian dan atau dalam bidang sosiologi pedesaan

Kompetensi Pendukung

  1. Memiliki kemampuan pendekatan interdisipliner dalam berkarya di bidang keahliannya
  2. Mampu mendeseminasi hasil penelitian dalam forum ilmiah internasional
  3. Mampu membuat karya tulis ilmiah yang dipublikasikan di jurnal internasional

Kompetensi Lainnya

  1. Memiliki kemampuan menggunakan komputer dan/atau teknologi informasi
  2. Memiliki kepekaan dan kepeduilian terhadap lingkungan dan masyarakat

Leave us a Comment