Meneliti Buah Pare Mr. Kang Sung Goo Meraih Gelar Doktor Ilmu Pertanian

kang

Mahasiswa  Asing dari program Doktor Ilmu Pertanian PPs – FPUB asal Korea Selatan yang juga menjabat Direktur PT Koreana Seed Indonesia  Mr Kang Sung Goo, MSc, berhasil meraih gelar Doktor setelah dinyatakan lulus ujian Disertasi Terbuka dengan judul disertasi “ Morphological Characteristics of Momordica Charantia.L (cucurbitaceae) for Charantin “ , kamis (07/09) di ruang seminar utama lantai 2 Gedung Pascasarjana FPUB.

Dalam  ujian disertasi terbuka tersebut, sebagai ketua sidang Cahyo Prayogo, SP.,MP., Ph.D sekretaris PPs- FPUB. Sementara bertindak selaku promotor adalah Prof.Ir. Sumeru Ashari, M.Agr.Sc.,Ph.D.serta ko promotor Ir. Arifin Noor Sugiharto, M.Sc, Ph.D , sebagai penguji Prof.Dr.Ir. Tatiek Wardiyati, MS, Prof.Dr.Ir. Kuswanto , MS dan Dr.Ir. Andy Soegianto, CESA serta  Dr. Ir. Astanto Kasno, MS dari BALITKABI malang selaku penguji tamu.

Pada disertasinya, Soon meneliti karakterikstik morfologi buah pare (Momordica charantia L.) untuk kandungan Charatin, buah pare sendiri merupakan adalah pohon anggur tropis dan subtropis dari keluarga Cucurbitaceae yang biasa dipanen sebelum matang atau pada saat muda.Di indonesia sendiri buah pare banyak digunakan untuk bahan sayuran juga dikembangkan sebagai bahan obat traditional,kandungan charatin inilah yang menjadikan buah pare sangat pahit tetapi zat ini sangat baik untuk kesehatan. Charantin adalah zat kimia yang diperoleh dari buah pare, yang dianggap bertanggung jawab atas sifat hipoglikemik (dikenal dengan gula darah rendah) dari tanaman tersebut, ini diidentifikasi oleh Lolitkar dan Rao pada tahun 1960.

Dengan mengunakan (High Performance Liquid Chromatography) HPLC Method dapat di hasilkan bahwa kandungan charantin lebih tinggi pada buah pare dibanding pada daun dan biji,pemilihan pare hasil tinggi dan kandungan charantin memiliki prospek tinggi untuk mendapatkan varietas baru juga data pada tipe A, B, C, dan D -Type, pada penelitianya berbeda dengan kondisi pertumbuhan buah, dapat digunakan di banyak studi fisiologis dan pengobatan dari buah pare di masa depan. (zma)

Leave us a Comment