BEASISWA BPPS DIKTI

Beasiswa BPPS adalah beasiswa yang dikhususkan untuk Tenaga Pengajar (Dosen) baik di Perguruan Tinggi Negeri maupun di Perguruan Tinggi Swasta yang akan menempuh studi lanjut di Program Magister maupun Program Doktor di Indonesia.Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh  Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Departemen Pendidikan Nasional

Jenis Beasiswa BPPS :

  1. BPPS Alokasi Penyelenggara : Diperuntukkan bagi calon Mahasiswa Baru yang mendaftar Program Magister atau Program Doktor di Universitas Brawijaya Malang.
  2. BPPS Alokasi PT Pengirim / Kopertis : Diperuntukkan bagi calon mahasiswa asal perguruan tinggi negeri atau  Kopertis pengirim yang akan menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya. Berkas harus diusulkan dari Universitas Brawijaya dan diusulkan dari Perguruan Tinggi / Kopertis Pengirim dengan form 2B/2C dari masing-masing PT Pengirim/Kopertis.
  3. BPPS On Going : Diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah diterima di Program Magister maupun Doktor di Universitas Brawijaya dan pengajuannya dilakukan di Semester 3.

Ketentuan Bagi Calon Penerima BPPS

  1. Permohonan untuk memperoleh BPPS Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi harus mendapat persetujuan dan diajukan oleh Rektor/Ketua Perguruan Tinggi asal calon penerima BPPS kepada Direktur Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Bagi calon penerima BPPS yang berasal dari PTS, persetujuan dan usulan calon penerima BPPS harus memperoleh rekomendasi dari pihak Kopertis Wilayah (Formulir B).
  2. Usia maksimum yang diperbolehkan untuk menjadi calon penerima BPPS adalah 55 tahun pada bulan September tahun yang bersangkutan.
  3. Calon penerima BPPS hanya diperbolehkan mengajukan usulan kepada satu Perguruan Tinggi (PT) Penyelenggara PPS.
  4. Beasiswa tidak diberikan kepada calon penerima yang pernah menerima BPPS pada jenjang pendidikan Pascasarjana yang sama.
  5. Beasiswa tidak diberikan kepada mereka yang sedang menerima beasiswa (yang meliputi: biaya hidup, biaya pembelian buku, biaya penelitian & biaya pengelolaan) dari sumber dana Pemerintah RI.
  6. Beasiswa diberikan hanya kepada calon penerima BPPS yang berstatus Mahasiswa Baru, untuk jangka waktu 24 bulan untuk Program Magister (S2) dan 36 bulan untuk Program Doktor (S3).
  7. Penerima BPPS wajib menandatangani kontrak antara yang bersangkutan dengan Program Pascasarjana Universitas Brawijaya.
  8. Setelah menyelesaikan studi, penerima BPPS diwajibkan untuk kembali mengabdi ke Perguruan Tinggi asal selama (2n+1) tahun (n adalah lama tahun menerima BPPS).
  9. Penerima BPPS diwajibkan untuk mengikuti seluruh ketentuan akademik yang berlaku di Perguruan Tinggi penyelenggara PPS dan melaporkan tanggal serta bulan kelulusan pada bulan yang sama dengan tanggal kelulusan ke pihak PPSUB dengan mengisi form monitoring & evaluasi (MONEV) dwi wulan.
  10. Penerima BPPS tidak diperkenankan untuk cuti akademik dalam menyelesaikan Program Studinya selama beasiswa belum selesai/habis.
  11. Penerima BPPS yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas dikenakan sanksi, yaitu mengembalikan dana BPPS sebesar yang dikeluarkan oleh Pemerintah ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) melalui mekanisme pengembalian yang berlaku.

Cara Pengajuan :

  1. Calon pengusul harus mengisi Blangko Usulan beasiswa BPPS yang disediakan
  2. Diisi dan dicopy 2 kali dan diserahkan ke Program Pascasarjana di Fakultas-Masing sesuai Program Studinya atau ke PPSUB langsung bagi Program Studi yang lintas disiplin.
  3. Dari Usulan dekan akan diderahkan ke Program Pascasarjana Universitas Brawijaya dan diteruskan untuk usulkan Dirjen DIKTI.

Warna untuk tiap alokasi :

A. Merah Muda (KOPERTIS)

B. Biru Muda (PT Penyelenggara / PPs UB)

C. Hijau Muda (PT Pengirim / PTN)

Jenis Formulir yang diisi :

Formulir A. Pernyataan Calon

Formulir B. Pernyataan penugasan mengikuti program pasca sarjana dengan biaya direktorat jenderal pendidikan tinggi (bpps) diketahui rektor / direktur bagi dosen pns atau kopertis bagi dosen swasta atau pns dpk.

Formulir C. Riwayat hidup, pendidikan, kerja

Formulir D. Bidang ilmu, perguruan tinggi penyelenggara

Formulir E. Lampiran data akademik

Yang dilampiri dengan :

  1. Salinan Ijasah dan Transkrip Akademik Pendidikan Terakhir (S1/S2) dilegalisir.
  2. Salinan SK Pengangkatan sebagai PNS atau Dosen Tetap Yayasan
  3. Rekomendasi dari Kopertis tentang kelayakan Dosen yang bersangkutan untuk memperoleh BPPS bagi perserta yang berasal dari Kopertis/PTS
  4. Salinan Surat Keterangan tentang Pangkat, Jabatan, Golongan dan Penetapan Angka Kredit (Minimal : Asisten Ahli/III-B/Angka Kredit 100) yang dikeluarkan oleh Koordinator Kopertis Wilayah atas nama Mendiknas dan dilegalisir oleh Kopertis Wilayah bagi perserta yang berasal dari Kopertis/PTS
  5. Masing-masing Formulir dan seluruh lampiran di copy 2 rangkap

Pendaftaran BPPS online bisa diakses di http://beasiswa.dikti.go.id/bpps/

Info tambahan tentang BPPS klik disini